Resep Masakan Ayam yang Lebih Berkreasi dan Unik


Siapa yang tidak suka dengan daging ayam? Tidak perlu diragukan lagi, Daging ayam sangat diminati oleh semua orang. 

Mulai dari anak-anak sampai ke orang dewasa, bukan hanya cara pengolahan yang mudah dan sederhana, harga daging ayam dipasar juga tidak membuat kantong koyak. 

Jangan salah, daging ayam bukan hanya mudah diolah menjadi masakan yang sederhana, namun juga bisa diolah menjadi masakan yang unik dan buat ketagihan. 

Di resep yang akan saya bagikan kali ini menggunakan bahan utama ayam. Bosan dengan hanya ayam goreng sederhana saja? Nah, Bunda bisa mencoba resep makanan ayam goreng yang saya berikan kali ini. Saya yakin akan disukai oleh keluarga untuk lauk makan siang ataupun makan malam.

Resep Makanan Ayam Goreng Pandan

Resep Makanan Ayam

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
·         12 potong daging ayam (ukuran sedang/jangan terlalu besar)
·         Daun pandan  untuk membungkus ayam secukupnya
·         400 ml air kelapa
·         3 siung bawang putih (dihaluskan)
·         6 siung bawang merah (dihaluskan)
·         2 sendok teh ketumbar bubuk
·         4cm lengkuas
·         2 batang serai
·         3cm jahe
·         Kecap manis
·         2 lembar daun salam
·         1 sendok teh asam jawa
·         2 sendok makan gula merah
·         Garam secukupnya
·         Minyak goreng

Rahasia Resep Masakan Ayam Yummy

Cara pembuatan :
1.       Karena daging ayam merupakan bahan utama yang akan kita gunakan, maka bersihkan dahulu daging ayam yang sudah dikeluarkan dari kulkas (pastikan daging ayam tidak beku saat pengolahan).
2.       Jika daging ayam sudah dibersihkan maka lumuri dengan garam dan jeruk nipis kemudian diamkan sebentar sekitar 15 hingga 20 menit sehingga bau amis pada daging ayam hilang.
3.       Setelahnya, didihkan air dan masukkan ayam serta bumbu halus, air kelapa, serai, lengkuas, jahe, kecap manis, gula merah, garam, asam jawa, juga daun salam kedalam.
4.       Aduk semua bahan didalam panci hingga rata, biarkan sampai mendidih hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
5.       Angkat ayam yang sudah empuk dari panci kemudian tiriskan sejenak.
6.       Apabila ayam sudah agak dingin, baru mulailah bungkus daging ayam dengan daun pandan yang sudah disiapkan.
7.       Lalu siapkan kuali dan panaskan minyak untuk menggoreng.
8.       Setelah minyak sudah panas, goreng daging ayam yang sudah dibungkus daun pandan sampai matang dan kering.
9.       Angkat ayam pandan yang sudah matang dan kering dari penggorengan.
10.   Sajikan ayam dalam piring saji.
Ayam goreng pandan sudah siap untuk dinikmati. Mencium aroma nya yang sangat menggiurkan saja sudah tidak tahan untuk disantap. Santap ayam goreng pandan ini dengan nasi hangat dan sambal cabe asam manis (sambal botol Thai) jika ada, jika tidak ada tidak mengapa, Bunda juga bisa gunakan sambal belacan sebagai teman ayam goreng pandan.

Sangat mudah cara pengolahan ayam pandan ini. Untuk resep makanan ayam goreng pandan ini juga disukai oleh masyarakat negara Thailand loh. Tentunya dengan sambal cabe dengan rasa asam manis yang menjadi kesukaan dan cabe khas negara Thailand.

Silahkan bagikan resep ini ke teman atau sahabat bahkan bisa digunakan sebagai salah satu menu di acara arisan Bunda sekalian. 

Saya yakin teman arisan Bunda akan sangat menyukainya, melihat keunikan dari pengolahan daging ayam goreng ini yang menggunakan daun pandan sebagai penguat aroma ayam goreng dan juga bumbu yang sangat meresap. Jamin deh satu gigitan saja sudah menggelegar dilidah.




SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar